[Update] Network Layer Dan Transport Layer

FAST DOWNLOADads
Network Layer
Pengertian
  • Network adalah lapisan yang berfungsi sebagai daerah memecah data menjadi beberapa bab sebelum pengiriman. Pada lapisan ini pengriman paket data akan disertakan alamat pengirim dan alamat yang dituju.
Fungsi
    Network layer berfungsi untuk pengendalian operasi subnet. Masalah desain yang penting ialah bagaimana caranya memilih route pengiriman paket dari sumber ke tujuannya. Route sanggup didasarkan pada table static yang “dihubungkan ke” network. Route juga sanggup ditentukan pada dikala awal percakapan contohnya session terminal. Terakhir, route sanggup juga sangat dinamik, sanggup berbeda bagi setiap paketnya. Oleh alasannya ialah itu, route pengiriman sebuah paket tergantung beban jaringan dikala itu. Network layer juga berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, menciptakan header untuk paket-paket, dan kemudian melaksanakan routing melalui internetworking dengan memakai router dan switch layer

Protocol

1. IP (Internetworking Protocol)
    Mekanisme transmisi yang dipakai untuk menstransportasikan data dalam-dalam paket yang disebut datagram.
2. ARP (Address Resulotion Protocol)
    Protokol yang dipakai untuk mengetahui alamat IP menurut alamat fisik dari sebuah komputer.
3. RARP (Reverse Address Resulotion Protocol)
    Protokol yang dipakai untuk mengetahui alamat fisik melalui IP komputer.
4. ICMP (Internet Control Message Protocol)
    Mekanisme yang dipakai oleh sejumlah host untuk mengirim notifikasi datagram yang mengalami persoalan pada hostnya.
5. IGMP (Internet Group Message Protocol)
    Protokol yang dipakai untuk memberi akomodasi message yang simultan kepada group penerima.


Transport Layer
Pengertian
    Transport layer ialah Layer/lapisan yang bertanggung jawab untuk membagi data menjadi segmen, menjaga koneksi budi “end – to _ end” antar terminal, dan menyediakan penanganan error (error handling).

Fungsi
    Fungsi dasar transport layer ialah mendapatkan data dari session layer, memecah data menjadi bagian-bagian yang lebih kecil kalau perlu, meneruskan data ke network layer, dan menjamin bahwa semua potongan data tersebut sanggup datang di sisi lainnya dengan benar.
lapisan transport mengatur alur untuk menjamin bahwa perangkat yang mentransmisikan data tidak mengirimkan lebih banyak data daripada yang sanggup ditangani oleh perangkat yang menerimanya.

Protokol
TCP
    Transmission Control Protocol (TCP), ialah salah satu jenis protokol yang memungkinkan kumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data didalam suatu network (jaringan).Setiap segmen TCP mempunyai 20 byte overhead di header encapsulating data application layer.
UDP
    User Datagram Protocol (UDP), ialah salah satu protokol lapisan transporTCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak hebat (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP






FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter