[Update] Session Layer,Presentation Layer,Dan Application Layer

FAST DOWNLOADads
Session Layer
Pengertian

    Session layer yaitu layer yang memilih bagaimna dua terminal menjaga, memelihara dan mengatur koneksi. Bagaimana mereka saling bekerjasama satu sama lain. Koneksi di layer di sebut “session”.Session Layer merupakan Lapisan kelima dalam osi.

Fungsi
   
    Session layer berfungsi Untuk mendefinisikan bagaimana koneksi sanggup dibuat, dipelihara, atau dihancurkan.Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama. Dan juga mengendalikan dialogantar aplikasi.Contoh dari Session layer: Gateway. 

Protokol 



a. NETBIOS ( Netbios Extended User Interface) session interface dan protokol dikembangkan oleh IBM.
b. PAP ( Printer Access Protocol ) terdapat pada printer postscript untuk jalan masuk pada jaringan Apple Talk.
c. NETBEUI merupakan pengembangan dari Netbios yang digunakan pada produk Microsoft Networking ibarat Windows NT dan LAN.
d.Network File System (NFS). Dikembangkan oleh Sun Microsystem dan digunakan dengan TCP/IP, sehingga membolehkan jalan masuk transparan untuk Unix workstation ke remote ressources.
e.Structured Query Language (SQL). Dikembangkan oleh IBM, menyediakan cara simple bagi users untuk mendefinisikan kebutuhan info mereka pada kedua sistem baik lokal maupun remote.
f. Remote Procedure Call (RPC) merupakan Client/Server yang luas dan merupakan tool pengalihan bagi pengguna untuk lingkungan yang mempunyai layanan yang berbeda. Prosedur dibentuk di klien dan dilakukan di server.
g.X Window. Banyak digunakan oleh intellegent terminals untuk berkomunikas dengan remote (Unix computer) yang memungkinkan mereka untuk beroperasi seolah olah terpasang monitor lokal.
h. AppleTalk Session Protocol (ASP). Merupakan prosedur Client/Server yang lain, yang digunakan pada Appletalk client server.

Presentation Layer
Pengertian 
    
    Presentation layer yaitu layer yang bertanggung jawab bagaimana data dikonversi dan di format untuktransfer data. Contoh konversi format text ASCII untuk dokumen, .GIF dan .JPG untuk gambar layer ini membentuk isyarat konversi, trnslasi data, enkripsi dan konversi.Presentation Layer ini merupakan lapisan keenam pada osi seven Layer.

Fungsi

    Presentation layer berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi kedalam format yang sanggup ditransmisikan melalui jaringan.

Protokol 


  1. VTP
Protokol yang pertama yaitu protokol VTP. VTP ini sendiri merupaka abreviasi dari Virtual terminal protocol. Protocol VTP ini mempunyai fungsi untuk menciptakan dan jug amemlihara struktur data, serta melaksanakan proses translating atau penterjemahan dari terminal menjadi bentuk standar yang umum digunakan.
  1. SMTP
SMTP merupakan protocol berikutnya yang bekerja pada presentation layer. SMTP merupakan abreviasi dari Simple Mail Transfer Protokol. Protokol SMTP ini mempunyai fungsi yang sangat penting untuk proses pertkaran email, baik email masuk dan juga email keluar yang melewati server email. Dengan begitu, SMTP akan membantu user dalam mengakses email.
  1. SNMP
SNMP merupakan abreviasi dari Simple Network Management Protocol. SNMP ini merupakan protocol yang berfungsi untuk melaksanakan proses manajemen dan juga proses pengaturan pada sebuah jaringan. Dengan memakai protocol ini, maka sebuah jaringan bisa diatur dan juga dimanage dengan baik.
  1. RPC
RPC merupakan abreviasi dari Remote Procedure Call, yang merupakan protocol yang berfungsi sebagai pemanggilan jarak jauh pada proses komunikasi di dalam jaringan.
Application Layer
Pengertian 
      Application layer merupakan layer yang menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna, layer ini bertanggung  jawab atas pertukaran info antara kegiatan computer, ibarat kegiatan e-mail dan servis lain yang berjalan di jaringan ibarat server printer atau aplikasi computer l;ainnya.Application Layer ini merupakan lapisan ketujuh dalam osi seven Layer.
Fungsi
    Application layer berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan. Mengatur bagaimana aplikasi sanggup mengakses jaringan, dan kemudian menciptakan pesan-pesan kesalahan. 

Protokol 

1. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang digunakan untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam suatu jaringan. Intinya dengan adanya DHCP maka akan bisa mengurangi pekerjaan dalam mengadministrasi suatu jaringan komputer berbasis IP yang besar.
2. Domain Name System (DNS)
Adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP. DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet ibarat web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Selain digunakan di Internet, DNS juga sanggup di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS
3. HTTP (Hypertext Transfer Protocol http)
Adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Webweb browser, biasanya memulai undangan dengan menciptakan hubungan TCP/IP ke port tertentu di tuan rumah yang jauh (biasanya port 80). 
4. FTP (File Transfer Protocol)
Merupakan sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang digunakan untuk pentransferan berkas / file komputer antar mesin – mesin dalam sebuah Internet.FTP merupakan salah satu protocol Ineternet yang paling awal dikembangkan dan masih digunakan sampai ketika ini untuk melaksanakan pengunduhan / download dan pengunggahan / upload file-file komputer antara klien FTP dan server FTP.
5. Telnet
Adalah suatu protokol yang menyamai terminal yang sanggup digunakan untuk me-logon ke host jaringan yang jauh. Telnet menunjukkan para pemakai suatu kapabilitas dalam mengoperasikan program-program secara jauh dan memudahkan manajemen yang jauh. Telnet secara mudah memang disediakan untuk semua sistem operasi dan mengurangi integrasi dalam lingkungan jaringan yang heterogen.
6. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
Adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirimkan pesan e-mail antar server, yang bisa dianalogikan sebagai kantor pos. Ketika kita mengirim sebuah e-mail, komputer kita akan mengarahkan e-mail tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail-server tujuan.
Mail-server tujuan ini bisa dianalogikan sebagai kotak pos di pagar depan rumah kita, atau kotak PO BOX di kantor pos. Email-email yang terkirim akan berada di kawasan tersebut sampai si pemiliknya mengambilnya. Urusan pengambilan e-mail tersebut tergantung kapan di akseptor menyelidiki account e-mailnya.
7. Simple Network Management Protocol (SNMP)
Adalah protokol yang sanggup digunakan untuk melaksanakan manajemen jaringan. SNMP memungkinkan kita untuk mengelola node jaringan ibarat server, workstation, router, bridge, dan hub dari host sentral. SNMP sanggup digunakan untuk mengonfigurasi device yang jauh, memantau unjuk kerja jaringan, mendeteksi kesalahan jaringan atau jalan masuk yang tidak cocok, dan mengaudit pemakaian jaringan.

8. Network File System (NFS)
Adalah sebuah kumpulan protokol yang digunakan untuk mengakses beberapa sistem berkas melalui jaringan. Network File System (NFS) merupakan sebuah protokol yang dikembangkan oleh Sun Microsystem pada tahun 1984 dan NFS didefinisikan dalam RFC 1094, 1813 dan 3530 sebagai “DFS” yang mengijinkan sebuah komputer untuk mengakses file melalui network ibarat jalan masuk file di disk local. NFS merupakan protokol yang sangat mendukung dalam pengaplikasian suatu file system yang terdistribusi.



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter