[Update] Physical Layer Dan Data Link Layer

FAST DOWNLOADads

Physical Layer
••Pengertian 
    
    Physical Layer ialah layer terbawah dari layer OSI model  dari jaringan komputer.Lapisan ini berafiliasi dengan problem listrik, prosedural, mengaktifkan, menjaga, dan menonaktifkan kekerabatan fisik. Lapisan ini juga berafiliasi dengan tingkatan aksara voltase, waktu perubahan voltase, jarak maksimal transmisi, konektor fisik, dan hal-hal lain yang berafiliasi dengan fisik.

••Fungsi

    Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya EthernetatauToken Ring),topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card(NIC) sanggup berinteraksi dengan media kabel atau radio

••Media

Twisted Pair Cable
    Twisted pair cable atau kabel pasangan berpilin terdiri dari dua buah konduktor yang digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan interferensi lektromagnetikdari luar ibarat radiasi elektromagnetik dari kabel Unshielded twisted-pair (UTP),dancrosstalk yang terjadi di antara kabel yang berdekatan. Ada dua macam Twisted Pair Cable, yaitu kabel STP dan UTP.
Coaxial Cable
    Kabel koaksial ialah suatu jenis kabel yang memakai dua buah konduktor. Kabel ini banyak diguna kan untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai 300 kHz keatas. Karena kemampuannya dalam menyalurkan frekuensi tinggi tersebut, maka sistem transmisi denganmenggunakan kabel koaksial mempunyai kapasitas terusan yang cukup besar. Ada beberapa jenis kabel koaksial, yaitu thick coaxial cab le (mempunyai diameter besar) dan thin coaxial cable (mempunyai diameter lebih kecil).
Fiber Optic
    Serat optik adalah saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik yang dipakai untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Berdasarkan mode transmisi yang dipakai serat optik terdiri atas Multimode Step Index, Multimode Graded Index, dan Singlemode Step Index.

••Protokol 

- Jaringan telepon modem – V.92 
- IRDA Physical Layer
- USB Physical Layer
- EIA RS-232, EIA-242, EIA-422, RS-449, RS-485
- Ethernet Physical layer termasuk 10BASE-T, 10Base5, 100BASE-FX, 100BASE- T, 1000BASE-T, 1000BASE-SX dan varietas lainnya
- Varietas 802.11 Wi-Fi physical layer
- DSL
- ISDN

••Cara kerja

    Pada layer ini data diterima dari data link layer berupa Frame yang dan diubah menjadi Bitstream yang akan dikirim ketujuan berupas inyal melalui media komunikasi.Pada penerima, layer ini akan mengubah sinyal dari pengirim menjadi Bite dan sebelum dikirim ke data link layer Bite diubah menjadi Byte.

Data Link Layer
••Pengertian 
    Lapisan data-link (data link layer) ialah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI, yang sanggup melaksanakan konversi frame-frame jaringan yang berisi data yang dikirimkan menjadi bit-bit mentah supaya sanggup diproses oleh lapisan fisik. Lapisan ini merupakan lapisanyang akan melaksanakan transmisi data antara perangkat-perangkat jaringan yang saling berdekatan di dalam sebuah wide area network (WAN), atau antara node di dalam sebuah segmen local area network (LAN) yang sama. Lapisan ini bertanggungjawab dalam menciptakan frame, flow control, koreksi kesalahan dan pentransmisian ulang terhadap frame yang dianggap gagal.
••Fungsi 
    Befungsi untuk memilih bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan,flow control, pengalamatan perangkat keras(seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address)), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan ibarat hub,bridge,repeater, dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control(LLC) dan lapisan Media Access Control(MAC).
••Media

Twisted Pair Cable
    Twisted pair cable atau kabel pasangan berpilin terdiri dari dua buah konduktor yang digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan interferensi lektromagnetikdari luar ibarat radiasi elektromagnetik dari kabel Unshielded twisted-pair (UTP),dancrosstalk yang terjadi di antara kabel yang berdekatan.
Coaxial Cable
    Kabel koaksial ialah suatu jenis kabel yang memakai dua buah konduktor. Kabel ini banyak diguna kan untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai 300 kHz keatas. Karena kemampuannya dalam menyalurkan frekuensi tinggi tersebut, maka sistem transmisi dengan memakai kabel koaksial mempunyai kapasitas terusan yang cukup besar. 
Fiber Optic
    Serat optik adalah saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik yang dipakai untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Berdasarkan mode transmisi yang dipakai serat optik terdiri atas Multimode Step Index, Multimode Graded Index, dan Singlemode Step Index.
Unguided Transmission Media 
    Unguided transmission media atau media transmisi tidak terpandu merupakan jaringan yang memakai sistem gelombang.
Gelombang mikro
    Gelombang mikro(microwave) merupakan bentuk radio yang memakai frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), yang mencakup daerah UHF, SHF dan EHF. Gelombang mikro banyak dipakai pada sistem jaringanMAN, warnet dan penyedia layanan internet (ISP).
Satelit
    Satelit ialah media transmisi yang fungsi utamanya mendapatkan sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lain. Satelit yang mengorbit pada ketinggian 36.000 km di atas bumi mempunyai angular orbital velocity yang sama dengan orbital velocity bumi. Hal ini mengakibatkan posisi satelit akan relatif stasioner terhadap bumi (geostationary), apabila satelit tersebut mengorbit di atas khatulistiwa. Pada prinsipnya, dengan menempatkan tiga buah satelit geostationary pada posisi yang sempurna sanggup menjangkau seluruh permukaan bumi.
Gelombang radio
    Gelombang radio ialah media transmisi yang sanggup dipakai untuk mengirimkan bunyi ataupun data. Kelebihan transmisi gelombang radio ialah sanggup mengirimkan instruksi dengan posisi sembarang (tidak harus lurus) dan dimungkinkan dalam keadaan bergerak. Frekuensi yang dipakai antara 3 KHz hingga 300 GHz. Gelombang radio dipakai pada grup band VHF dan UHF : 30 MHz hingga 1 GHz termasuk radio FM dan UHF dan VHF televisi. Untuk komunikasi data digital dipakai packet radio.
Inframerah
    Inframerah biasa dipakai untuk komunikasi jarak dekat, dengan kecepatan4 Mbps. Dalam penggunaannya untuk pengendalian jarak jauh, contohnya remote control pada televisi serta alat elektronik lainnya.
••Protokol

- Asynchronous Transfer Mode (ATM)
- Ethernet
- Fiber Distributed Data Interface (FDDI)
- Multiprotocol Label Switching (MPLS)
- Token ring

••Cara kerja

    Pada layer ini data diterima dari network layer berupa Paket yang kemudian diencapsulasi menjadi Frame, dengan memperlihatkan layer-2 header. Dan kemudian dikirim ke phisycal layer untuk diteruskan ke penerima.Pada penerima, layer ini mengubah Byte menjadi Frame, frame headerakan dilepas (dekapsulasi), kemudian dikirim ke network layer menjadi Paket.

FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter