[Update] Komputer Dan Jaringan Dasar

FAST DOWNLOADads
   
Pengertian komputer dan jaringan



    komputer ialah sekumpulan dari beberapa alat elektronik yang saling terhubung sehingga sanggup menghasilkan isu yang dibutuhkan,Dengan tujuan Untuk sanggup mempermudah pekerjaan user(pengguna).Sedangkan jaringan merupakan sekumpulan atau beberapa komputer yang saling terhubung ke server,sehingga sanggup disebarkan/dibagikan ke beberapa pc serta sanggup melaksanakan sharing isu maupun data.



    Terdapat 3 komponen utama pembangun komputer berupa :

- Hardware yaitu sebuah perangkat yang dibentuk Untuk mendukung pc (personal computer) semoga sanggup berjalan.

- Software yaitu sebuah perangkat yang dibentuk Untuk mendukung perangkat keras/hardware.

- Brainware yaitu berupa pengguna komputer atau biasa disebut dengan user.



Input dan output

    Berdasarkan fungsinya,perangkat keras komputer dibagi menjadi :

1.input device(unit masukan)

2.procces device(unit pemerosesan)

3.output device(unit pengeluaran)

4.backing storage(unit penyimpanan)

5.periferal(unit tambahan)

    Namun,pada post ini saya hanya akan membahas input dan output.Input merupakan suatu alat yang dipakai Untuk memasukkan data atau arahan kedalam komputer,contohnya :



1. Keyboard

Keyboard ialah sebuah perangkat masukan yang dipakai untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melaksanakan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.

2. Mouse

Mouse ialah sebuah perangkat masukan yang mempunyai kegunaan sebagai penunjuk posisi kursor/pointerpada layar monitor.

3. Joystick

Joystick ialah alat masukan yang dipakai untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.

4. Trackball

Trackball ialah perangkat keras yang dipakai sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang mempunyai sensor untuk mendeteksi gerakan.

5. Lightpen

Lightpen ialah pointer elektronik yang dipakai untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen(monitor)

6. Scanner

Scanner ialah alat input yang mempunyai fungsi hampir menyerupai dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek kemudian dipindahkan kedalam memory komputer yang akibatnya sanggup dilihat pada layar monitor.

7. Barcode Reader

Barcode Reader ialah perangkat yang dipakai untuk membaca barcode data

8. Digitizer

Digitizer ialah perangkat masukan yang berfungsi untuk merubah perangkat atau data analog menjadi data digital

9. CD ROM / DVD ROM

CD ROM / DVD ROM ialah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau aktivitas dari media penyimpanan data CD atau DVD.

10. Flashdisk

Flashdisk ialah perangkat yang dipakai untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, hingga 32GB kapasitas penyimpanan.



    sedangkan yang dimaksud Output ialah alat yang dipakai Untuk menampilkan laporan atau isu hasil pengolahan dari proses,contohnya :



1. Monitor

Monitor merupakan unit keluaran yang memperlihatkan isu kepada pengguna komputer.

2. Printer

Printer ialah sebuah alat yang sanggup mencetak teks dan gambar pada kertas. Printer mempunyai dua sambungan. Pertama, dipasang di komputer bab belakang dan berfungsi untuk mendapatkan sinyal dari komputer. Sambungan ini terhubung pula ke motherboard.kedua kabel listrikyang dipasang pada stopkontak yang terpisah.

3. Speaker

Speaker akan memperlihatkan isu dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung padasaluran pemancar radio online, maka unit keluaran yang diharapkan ialah speaker.

4. Plotter Printer

Plotter dipakai untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, menyerupai gambar mesin dan konstruksi bangunan.

5. Proyektor

Proyektor merupakan suatu alat yang sanggup menampilkan suatu laporan. Proyektor biasanya dipakai dalam sebuah presentasi baik dalam kelas maupun meating suatu pekerjaan. Dengan memakai proyektor seseorang mengontrol suatu data yang inginditampilkan. Proyektor juga sanggup mempermudah audioens dalam melihat suatu laporan.

6. HeadSet

Headset Sama halnya menyerupai speaker, ia akan memperlihatkan isu dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radio online, maka hampir sama kegunaannya menyerupai speaker.

7. VGA ( Video Graphics Adapter ) 

Kita niscaya menginginkanmonitorbisa menampilkan gambar berwarna, bukan Cuma hitam putih. Untuk itu, case membutuhkan alat tambahan, yaitu kartu video (video card). Kartu video atau video card berfungsi untuk mengubah isu output dari prosesor menjadi bentuk sinyal yang terkirim melalui kabel ke monitor. Kartu video kita dipasang disalah satu slot perluasan motherboard. Pada ketika membeli motherboard biasanya telah terpasang kartu video (built-in) jikalau menginginkan kualitas video yang lebih manis maka sanggup menambah kartu video.

8. Sound Card

Kartu Suara (sound Card) berfungsi untuk meningkatkan kapabilitas komputer dalam hal bunyi dengan cara mengirimnya ke speaker sebagai output. Kartu bunyi ini terpasang di slot perluasan motherboard. Dengan CD drive terhubung ke kartu, kita pun sanggup mendengarkan musik dari CD.

9. Printer FAX

FAX (kependekan dari faksimili, dari bahasa Latin fac simile,“membuat sama”, yaitu “membuat salinan”) ialah sebuah telekomunikasi teknologi yang dipakai untuk mentransfer salinan (Faksimili) dokumen dalam bentuk teks print out dan sedikit berbeda dari printer komputer, terutama yang beroperasi memakai perangkat terjangkau melalui telepon jaringan. Perangkat ini juga dikenal sebagai telecopier di industri tertentu. Saat mengirim dokumen kepada orang-orang pada jarak yang cukup jauh.

10. Wireless Router

ialah perangkat jaringan yang melaksanakan fungsi sebuah router, tetapi juga meliputi fungsi sebuah titikakses nirkabel. Hal ini biasanya dipakai untuk memperlihatkan kanal ke Internet atau jaringan komputer tanpa perlu untuk sambungan kabel. Dapat berfungsi dalam kabel LAN (local area network), hanya LAN nirkabel, atau sebuah adonan kabel / jaringan nirkabel.



Alat alat pembangun jaringan



1.Network Interface Card (NIC)

Network interface card disebut juga sebagai NetworkAdapter,digunakan untukmenghubungkan computerke kabel yang dipakai pada local area network (LAN).

2. HUB ( konsentrator )

HUB ( konsentrator ) ialah perangkat yang menyatukan kabel-kabel jaringan dari tiap workstation, server, atau perangkat lainnya. Hub berfungsi mengirimkan data ke semua host tanpa kecuali.

3. Kabel UTP

UTP merupakan singkatan Unshielded Twisted Pair, yaiu kabel yang terdiri dari 4 pasang (biru, oranye, hijau, dan coklat) kabel yang dipilin berdasarkan hukum tertentu dan dipakai untuk mentransfer/menerima data

4. Konektor

Konektor ialah kotak info untuk segala jenis konektor listrik dan sinyal (audio/video).

5. Repeater

alat yang dipakai untuk mendapatkan sinyal dari satu segmen kabel LAN dan memancarkannya kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal orisinil pada segmen (satu atau lebih) kabel LAN yang lain. Dengan adanya repeater ini jarak antar jaringan komputer sanggup dibentuk lebih jauh.

6. Bridge

sebuah komponen jaringan yang dipakai untuk memperluas jaringan atau menciptakan sebuah segmen jaringan.

7. Router

Router sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing.Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

8. Connector RJ - 45

RJ merupakan singkatan dari Registered Jack. Merupakan konektor yang akan dipasangkan pada unjung kabel. Untuk kabel jaringan memakai tipe RJ45.

9. Tester

Digunakan untuk menguji hasil pemasangan kabel sudah benaratau belum.

10. Switch

Switch ialah perangkat jaringan yang bekerja di lapisan Data-link, menyerupai dengan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen LAN ke dalam satu jaringan yang lebih besar.



    Sekian post dari saya,mohon dimaklumi alasannya ini postingan pertama dari saya.masih banyak kekurangan.apabila ada salah kata mohon maaf.
FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter